Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Jun 2, 2007

Makassar, Kota Cyber Pertama RI

TAHUN depan, Kota Makassar menjadi cyber city. Secara bertahap, seluruh wilayah kota akan menjadi area akses internet nirkabel.
Begitu pula pelayanan pemerintah akan dilakukan seluruhnya secara online. Makassar bersiap masuk dalam era dominasi teknologi informasi.
"Mudah-mudahan rencana Makassar Cyber City sudah dapat dilaksanakan tahun 2008 mendatang. Kami mengharapkan dukungan berbagai pihak," ujar Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin, dalam konferensi pers peresmian Losari Cyber Beach di Hotel Quality, Makassar, Minggu (27/5).

Beberapa provider (penyedia layanan internet) telah menyatakan komitmen untuk mendukung rencana kota internet itu.
Makassar Cyber City adalah menjadikan seluruh wilayah Kota Makassar sebagai area cakupan sinyal internet nirkabel. Istilahnya metropolitan area network (MAN).
Baru-baru ini PT Telkom meluncurkan program Losari Cyber Beach, yaitu hotspot atau area untuk mengakses internet nirkabel di Pantai Losari.
Dengan cakupan sinyal sepanjang 1,2 kilometer, Pantai Losari menjadi area hotspot terbuka pertama dan terpanjang di Indonesia.

Tahun ini, PT Telkom menargetkan pemasangan 300 access point (titik akses internet) di beberapa wilayah di Kota Makassar.
Bersama provider lain, saat ini telah terbangun puluhan hotspot di hotel-hotel berbintang, mal, kampus, dan beberapa instansi swasta.
Yang paling hangat saat ini, para provider sedang bersaing ketat mendapatkan izin pemerintah untuk mengoperasikan teknologi Wi-Max (worldwide interoperability for microwave access). Teknologi ini jauh lebih canggih dari Wi-Fi (wireless fidelity) yang digunakan untuk umumnya hotspot di Indonesia.
"Negara-negara maju telah menggunakan Wi-Max untuk akses internet nirkabel. Kini para provider sedang berebut lisensi untuk itu. Suatu saat nanti, Telkom akan menghadirkannya di Makassar," ujar Executive General Manager PT Telkom Divisi Regional VII, Pahala P Hariandja.
Jika akses internet dengan teknologi Wi-Fi hanya memiliki jangkauan sejauh 100-150 meter dari acces point (pemancar sinyal internet), dengan teknologi Wi-Max nantinya jangkauan akses bisa mencapai 50 kilometer.
Sinyal internet akan dipancarkan melalui sebuah menara semacam BTS untuk ponsel.
Saat teknologi itu hadir, hotspot bukan lagi wilayah-wlayah kecil. Seluruh Kota Makassar akan menjadi area hotspot.
Pengguna laptop, windows mobile, atau smart phone dapat berinternet dari mobil yang melaju di jalan raya, rumah, kantor, kafe, bahkan di tengah sawah di pinggiran Makassar.
Kecepatan transfer data dengan Wi-Max terhitung super cepat. Bila dengan Wi-Fi saja bisa mencapai 11 megabyte per detik, dengan Wi- Max kecepatan transfer bisa mencapai 75 megabyte per detik. Sekitar 1.000-an orang juga dapat mengakses internet dalam satu waktu sekaligus.
Mengenai pelayanan online sudah jamak dilakukan di negara maju. Untuk membuat KTP misalnya, warga cukup mengakses situs kantor kependudukan.
Setelah melakukan verifikasi data, kantor kependudukan memungut biaya dari rekening pemohon melalui perbankan online. KTP pun keluar.
Begitu juga dengan pelayanan peizinan, retribusi, pajak, telepon, listrik, dan sebagainya.
Nantinya, warga dapat membayar tagihan-tagihan cukup melalui internet tanpa harus bertatap muka dengan petugas dan antre panjang di loket pembayaran.
"Memang tidak mudah untuk menyediakan layanan online seperti itu. Butuh dukungan biaya. Untuk pengadaan perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK) saja, kita menganggarkan sekitar Rp 4 miliar," kata Ilham.
Pelayanan online di Makassar memang baru dapat terlaksana melalui SIAK.
Ini merupakan prestasi yang lumayan. Sebab Kota Makassar adalah satu dari segelintir kota di Indonesia yang telah mengoperasikan sistem online dalam urusan pembuatan KTP.


aktivasi internet nirkabel losari
NOTEBOOK
* Aktifkan fasilitas Wi-Fi dengan mengubah posisi Wi-Fi ke posisi on
* Klik kanan di atas icon wireless network connection (menu task bar) lalu pilih view available wireless network
* Setelah muncul wireless network connection tekan refresh network list
* Akan muncul daftar SSID (access point), pilih Telkom Hotspot Losari lalu tekan connect
* Setelah SSID yang dipilih muncul connected, tutuplah dialog box
* Buka internet browser lalu ketik www.plasa.com
* Akan muncul login page. Masukan user name dan password (untuk masa gratis sampai 30 Juni 2007, Anda dapat menggunakan user name "makassar" dan password "ultah400").
PDA (WINDOWS MOBILE)
* Pilih menu start, -> setting, -> tab connection, -> wireless LAN
* Pilih menu atau icon network cards
* Akan muncul daftar SSID (access point). Pilih dan tekan agak lama salah satu SSID Telkom Hotspot Losari lalu pilih option connect
* Tunggu sampai di SSID yang dipilih muncul connected, lalu tutup dialog box
* Buka internet browser lalu ketik www.plasa.com
* Akan muncul login page. Masukan user name dan password (untuk masa gratis sampai 30 Juni 2007, Anda dapat menggunakan user name "makassar" dan password "ultah400").
SMARTPHONE (NOKIA 9500 ATAU 9300I)
* Pilih tools -> control panel -> connection -> wireless internet
* Akan muncul daftar SSID (access point). Pilih salah satu SSID Telkom Hotspot Losari
* Tekan tombol create access point dan pilih done
* Tekan tombol "web" -> GOTO (tombol kanan atas)
- Ketik www.plasa.com
- Akan muncul daftar SSID. Pilih nama SSID yang telah di-create tadi
- Akan muncul login page. Masukan user name dan password (untuk masa gratis sampai 30 Juni 2007, Anda dapat menggunakan user name "makassar" dan password "ultah400").

(jid)

Sumber :tribun-timur.com

Socializer Widget
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

5 Comment:

Agam said...

Keren..
Kenapa sih gak di Surabaya???
Semoga aja kota berikutnya adalah Surabaya.

mata said...

kenapa ngga solo...????
cemburu aku... :((

qnoi said...

wahhh.. tengkyu buat infonya.. guna banget nih ;)..

Makassar Updating said...

Bung, maaf merepotkan. Bagaimana caranya ya agar komentar terhadap isi blog kita bisa ditampilkan seperti Bung punya?
Senang sekali kalau ada waktu untuk membantu saya.
Trims sebelumnya.

Salam

Febric

Anonymous said...

mengapa tidak:)