Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Sep 8, 2006

Server HP ML-350 tidak support Novell Netware ???


Selama seminggu belakangan ini gue berkutat dengan trouble instalasi server baru dengan merk HP type ML-350 G4P , dimana server merk baru ini tidak mensupport OS Novell Netware 5.1 lagi. Waktu beli server baru ini diwebsitenya emang menyatakan support novell netware tanpa menyatakan versi mana yang di supportnya karena gue pikir pengalaman sebelumnya install di server type ML-370 yang lebih tinggi speknya aja masih mendukung Novell Netware 5.1 jadi ngga kuatir ga support lah ( * sok pede aja *)

Setelah server tiba langsung aku coba install dengan CD Smart Start versi 7.40 untuk create partisi DOS dan dilanjutin dengan pemilihan OS yang mau di pakai. Begitu di klik ... alamakkkkk ... sudah tidak ada pilihan untuk Novell versi 5.1 , 6.0 , atau 6.5 melainkan versi Overlay CD yang diijinkan untuk di install itupun harus dengan upgrade tertentu ke websitenya. Bingung juga jadinya ... aku coba akalin dengan bypass smartstart CD dan langsung insert CD Novell 5.1
dan coba di install langsung dari CD. Hasilnya ... gatot kaca ( Gagal Total Kacau balau ) ... baru install aja udah ada warning Auto Restart Abbend has selected alias server akan otomatis restart dalam 2 menit ... wah masa server baru aja udah penyakitan gini pikirku ... begitu dicoba lagi setelah restart installasi kembali gagal dan load ke modul temporary ... pusing deh jadinya.


Berbagai cara di coba untuk bisa menginstall server baru ini mulai dari dari cari keterangan di website , cek versi BIOS yang beredar di website supportnya HP , kontek ke teknikal support toko penjual dan ke agen resmi sampai keliling ke mall THR ( mall khusus penjualan software dan hardware komputer terbesar di surabaya ) untuk menanyai setiap teknisi dan semuanya tidak ada yang sanggup menghandle kasus seperti ini sampai akhirnya oleh salah satu teknisi resmi ( partner nya HP ) di sarankan agar menurunkan versi BIOS kembali ke versi sebelumnya dan itu pun gagal juga .. duh buntu deh .. kontek ke jakarta minta bantuan teman untuk hubungi service centre HP di jakarta pun hasilnya sia-sia karena dijawab memang type Server ML-350 G4P ini tidak support dengan novell netware lagi ... nah loh ... kok bisa ???

Setelah putus asa dengan Novell 5.1 aku coba akalin dengan novell versi 6.0 dan 6.5 dan hasilnya tetap tidak bisa di install juga. Kepala udah mulai nyut-nyutan apalagi setelah di hubungi ke pihak penjual mereka tidak bersedia menukar server dengan alasan berbagai macam. Untung saja itu server masih kita pending pembayarannya karena di janjikan akan bayar dalam 1 minggu.

Setelah waktu yang di janjikan sudah lewat, dengan gampangnya pihak penjual menagih pembayaran dan tidak memberikan pelayanan support seperti menanyakan apakah sudah berhasil di install atau belum ? apakah ada kesulitan teknis atau apa ... eh malah langsung menodong pembayaran ... sekalian aja gue kerjain ... mundurin pembayaran 16 jutaan dengan ancaman kalo ga bisa juga di install akan tetap kita tukar server type lain kalo ga mau angkut saja itu server kembali ... wakakaka ... gelo juga tuh kalo di inget-inget ( galakan gue dibanding yang jual ... hehehe )

Kendala baru pun Menghadang setelah di cek semua versi Server HP ternyata sudah tidak ada satupun lagi yang support novell netware 5.1 ... wah abis sudah harapan untuk tukar server ...

Setelah kontek ke teman untuk datang membantu install server bandel ini , kita pun berlembur ria dari pagi sampai ketemu pagi lagi tanpa istirahat ... saking penasarannya dan ngga percaya kok bisa terjadi hal seperti ini ... tetapi selalu saja ada kendala yang menhadang mulai dari error aneh-aneh yang tidak pernah di jumpai sebelumnya sampai kasus sudah di format data tetapi data tetap ada tanpa terformat .. nah aneh khan ... ( loe orang pasti bingung ... apalagi gue .. wakaakaka ... hidup bingung ... )

Singkat cerita kita menggunakan system kanibal yaitu mencoba mencopykan CD installer ke server lokal dan di coba trik dengan mencampur file-file yang ada di novell 5.0 , 5.1 , 6.0 dan 6.5 bahkan Service pack versi 8 untuk novell 5 ... komplit deh berbagai rumusan di trik sepanjang malam itu ... akhirnya setelah subuh , gue sarapan dulu ke warung depan dan ngopi dulu sejenak sambil melepas kepenatan tubuh ini. Selepas 2 batang rokok aku lanjutkan kembali dengan mencoba mempelajarin system bagaimana caranya installer bekerja di dalam Autorun CD dan membongkar source nya ... akhirnya beberapa file aku kanibal dari versi 6.5 dan 6.0 selebihnya aku memakai data installer 5.1 + SP 8 ... dan sim salabim ... server udah mau di install.


Seakan ga percaya ... gue kucek-kucek mata apa ini bukan mimpi ??? tetapi nyata emang bahwa serverku udah selesai dan sudah siap di pakai .


senyum kemenangan pun muncul di bibir dan setelah itu jepret sana jepret sini untuk dokumentasi akhirnya aku hanya bisa berteriak 'aku menang lagi' ... 'aku berhasil lagi' ...

Sungguh suatu kebanggaan tersendiri berhasil membuktikan bahwa tiada yang mustahil di dunia IT ini.

Socializer Widget
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

6 Comment:

Anonymous said...

Waaah selamat yaa mas atas kesuksesannya ngoprek Novel Netware tersebut... mantap.. ^_^

* lagi nginstall OpenSuSE 10.1 di Server Intel Core 2 Duo niihh... abis begadang juga.... mungkin nanti perlu bantuan mas budhie... hehehe...

Anonymous said...

wah pantang mundur nya membuahkan hasil yang memuaskan yah ..
seneng banget dong hehe.

Youtea said...

met hari senin juga mas budhie pakabarnya neh lama tak sua... kemana aja...? ato aku ya yang gak pernah kesini...???

Anonymous said...

wah master nya novell ni kayanya :D
bisa bertukar alamat email atau id instant messenger ? saya ingin tahu lebih jauh ttg novell netware


http://ndaru.curang.com

Anonymous said...

Akhirnya,... berhasil juga, setelah kerja keras bongkar pasang,.... gud luck deh.

Boleh jga kalo ilmunya dibagi2... kan mau jadi Jago jg sprt Bapak satu ini, hehehe...

Oh yaaa,... utk kedua kalinya kesini sejak kmrn, bersih tdk ada pop-up iklan... nah gitu donk, jadi nyaman deh main kesini.

Anonymous said...

salut nih buat mas budhie...

mas pengen belajar donk install server netware 5.0
bisa ya...dibantu

email saya atok_26@yahoo.com